Jumat, 02 November 2018

Pengertian Ibadah Dalam Islam Dan Macam Macam Ibadah Lengkap

Pengertian Ibadah Dalam Islam Dan Macam Macam Ibadah Lengkap - pengertianajengmemang perlu di ketahui bahwasannya dalam kehidupan beragama, setiap umat pasti tidak lepas dari Kata Ibadah, warga islam selalu beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, akan tetapi apakah kalian tahu apa arti sesungguhnya Ibadah,,,? jadi kita ulas mengenai Ibadah di bawah ini dengan jelas dan singkat.

Pengertian Ibadah Dalam Islam 


Pengertian Ibadah Dalam Islam Dan Macam Macam Ibadah



Pengertian Ibadah


Ibadah adalah sebuah perbuatan atau pernyataan bakti kita terhadap Allah SWT yang di dasari oleh Peraturan Agama, Jadi Ibadah dapat kita lakukan secara langsung ( Habluminaallah) seperti Sholat, puasa, zakat, haji ada juga Ibadah Kepada antar umat manusia( habluminannas) seperti Menolong sesama, Muamlah, menepati janji, berbuat baik antar sesama dan semua jenis kebaikan semata semata untuk mencari Ridho Allah Swt.

Ibadah Menurut Etimologi artinya merendahkan diri atau tunduk kepada Tuhan, sedangkan menurut Termonologi ibadah memiliki banyak arti, tetap memiliki maksud yang sama antara lain.

Ibadah merupakan taat kepada Allah dengan melaksanakan perintah-Nya melalui lisan para Rasul-NYA

Sedangkan arti Lainnya Ibadah yaitu Merendahkan diri kepada Allah Aza wa jalla artinya tingkatan tuntuk tertinggi yang disertai rasa mahabbah(kecintaan) yang paling tinggi.


Macam Macam Ibadah


Ibadah Hati ( Qalbiyah ) memiliki rasa Khauf( takut) , Raja' ( mengharap) , Mahabbah(cinta) , tawakal dan senang merupakan ibadah yang berkaitan dengan hati.

Ibadah Lisan dan Hati ( Lisaniyah wa Qalbiyah) yaitu tasbih, tahlil, takbir, tahmid dan syukur merupakan ibadah yang berkaitan dengan lisan dan dilakukan dari hati.

Ibadah Anggota Badan/Fisik dan hati ( Badaniyah Qalbiyah) yaitu Zakat, Sholat , jihat, haji merupakan ibadah yang berkaitan langsung dengan fisik dan hati.


Hadist Ibadah


Dalam Quran , QS. Adz-Dzaariyaat ayat 56-58 yang artinya.

" Dan akau tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku, aku tidak menghendaki rizki sedikit pun dari mereka dan aku tidak menghendaki supaya mereka memberikan makan kepada-Ku, sesungguhnya Allah Dia-lah Maha pemberi rizki yang mempunyai Kekuatan lagi sangat Kokoh"

Sabda Nabi SAW berkata " Barang siapa yang beramal tanpa adanya tuntunan dari kami, maka amalan tersebut tertolak.

jadi demikian pokok pembahasan kami mengenai Pengertian Ibadah kurang lebihnya seperti itu semoga bermanfaat bagi kita semuanya dan tetapi di Guru Pengertian apabila ingin mendapat informasi yang terpercaya.


0 komentar

Posting Komentar