Selasa, 20 November 2018

Pengertian Dan Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah Lengkap

Pengertian Dan Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah Lengkap - pengertianajengkesempatan yang mulia ini kami ingin membahas Mengenai Puasa Tarwiyah dan Arafah tentunya masyarakat Beragama islam sudah tahu tetapi sebagian umat Islam hanya mengenal Puasa 8 dan 9 Dzulhijjah untuk lebih jelasnya 8 Dzulhijah adalah Puasa Tarwiyah sedangkan 9 Dzulhijah adalah Puasa Arafah sudah paham sob, Karena puasa ini sangat dianjurkan bagi umat agama islam karena dengan puasa tersebut serasa seperti para Jamaah haji maka dari Itu kami disini akan menjabarkan dengan detail di bawah ini.

 Pengertian dan Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah


Pengertian Dan Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah


Definisi Pengertian Puasa Tarwiyah dan Arafah


Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari tarwiyah yaitu 8 Dzulhijjah hari seblum hari Wukuf,
Sedangkan Puasa Arafah adalah puasa dijalankan pada hari Arafah bertempatan pada tanggal 9 Dzulhijjah yaitu hari jamaah Haji melakukan wukuf di padang Arafah.

Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah

Keutamaan Puasa Tarwiyah adalah menghapus Dosa satu tahun silam yang telah dilewati.

Puasa Arafah adalah Menghapus dosa dua tahun yaitu 1 tahun lalu dan 1 tahun yang akan datang.

Hadist Tentang Puasa Tarwiyah dan Arafah

Hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra yang dilandansai Sunnah Puasa Hari tarwiyah.
" Tidak ada hari yang didalamnya amal soleh lebih dicintai Allah Kecuali pada sepuluh hari ini(Maksudnya 10 hari awal bulan Dzulhijjah) HR. Bukhari.

Hadis Lainya: Rasulullah SAW melarang puasa di hari Tarwiyah , Arafah, Hari penyembelihan dan Hari Tasyriq namun Para Ulama Mengatakan bahwa Hadist ini berlaku bagi yang melaksanakan Ibadah Haji.

Menurut ABu Qotadah Berbunyi " Puasa Arofah(9 Dzulhijjah) dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang, Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu(HR. Muslim)

Orang Berhaji Tidak Disunnahkan untuk melaksanakan Puasa Arafah
Dari Ummul Fadhl Binti Al Harits" Bahwa Orang-orang berbantahan didekatnya pada hari Arafah tentang Puasa Nabi SAW, Sebagian Mereka Mengatakan, beliau Berpuasa, Sebagian Lain Mengatakan Beliau Tidak berpuasa maka Ummul Fadhl Mengirim Semangkok Susu kepada beliau, Ketika Beliau Sedang Berhenti diatas Unta Beliau maka Beliau Meminumnya (HR.Bukhari Muslim.)

Baiklah itulah Penjelasan mengenai Pengertian Puasa Tarwiyah dan Arafah semoga penjelasan yang sesingkat ini memberika kita banyak ilmu dan wawasan mengenai Ilmu agama, tetap di Guru Pengertian apabila ingin mendapat informasi yang penting dan Bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar