Minggu, 29 Juli 2018

Pengertian Observasi ( Ciri - Ciri Jenis, Manfaat, Tujuan ) Lengkap

Pengertian Observasi ( Ciri - Ciri Jenis, Manfaat, Tujuan ) Lengkap - pengertianajeng kami menyapa sobat selamat pagi, selamat beraktifitas pada pertemu ini kami akan membahas secara khusus buat sobat tentunya meliputi beberapa hal yaitu menurut Para Ahli dan Secara Umum Beserta Manfaat dan jenis baik ayo silakan di Baca di bawah ini.

 Pengertian Observasi Lengkap


Pengertian Observasi ( Ciri - Ciri Jenis, Manfaat, Tujuan )

Pengertian Observasi


Observasi adalah Proses pengamatan dan pencatatan secara sistematis mengenai Gejala - gejala yang diteliti.

Observasi adalah Salah satu metode pengumpulan data dengan mengamati atau meninjau secara cermat dan langsung di lokasi penelitian atau lapangan untuk mengetahui secara lengsung kondisi yang terjadi atau untuk membuktikan kebenaran dari sebuah desain penelitian.

Jadi Observasi menjadi salah satu dari teknik pengumpulan data apabila sesuai dengan tujuan penelitian, yang direncanakan dan dicacat secara sistematis serta dapat di kontrol keandalannya ( Reliabilitas) dan Kesahihannya(Validitasnya)

Jenis - Jenis Observasi

Observasi Pastisipasi

adalah Observasi dimana peneliti atau observasi ikut terlibat langsung dalam kegiatan pengamatan di lapangan, peneliti bertindak menjadi observasi dan menjadi bagi dari kelompok yang ditelitinya. Kelebihan dalam metode ini adalah peneliti menjadi bagian integal dari berbagai situasi yang dipelajari dilapangan, sehingga kehadiranna pun tidak mempengaruhi situasi di lapangan.

Observasi Non Partisipasi

adalah Observasi yang ketika pelaksanaannya tak melibatkan peneliti sebagai observer atau kelompok yang diteliti,peneliti jenis banyak dilakukan dimasa kini, hanya saja kelemahannya adalah kehadiran pengamat dikhawatirkan dapat mempengaruhi atau sikap orang yang diamati

Menurut Marie Jahoda Observasi di bagi menjadi beberapa:

Observasi Partisipasi

digunakan untuk penelitian yang bersifat eksploratif.

Observasi Sistematik

atau Observasi Berkerangka, sebelum mengadakan observasi terlebih daulu dibuat kerangkat mengenai berbagai faktor dan ciri - cirinya

Observasi Eksperimental

adalah Observasi dihadapkan pada situasai yang seragam dan segala aksi - reaksi dari Observasi dicatat dengan teliti dan cermat

Manfaat Observasi

  • Dapat menjelaskan proses peristiwa berlangsung dan dapat menguju kuwalitas memperkirakan mengapa sesuatu
  • terjadi dalam seting nyatanya
  • Dapat mencatat gejala yang kadang tidak jelas berlangsungnya
  • Kronologi peristiwa dapat dicatat dengan runtut
  • memungkinkan pembaca memiliki penafsiran sendiri terhadap temuan dan bagaimana akan diinterprestasikan
  • Mencatat situasi yang tidak dapat direplikasikan dalam eksperimen

Tujuan Observasi

Untuk mendapatkan gambaran tentang kehidupan sosial yang sulit diketahui dengan metode - metode lainnya, Observasi yang kita lakukan dakan dapat memberikan kejelasan tantang sebuah permasalah dan kemudian mencari solusi untuk masalah tersebut, dan guna untuk mendapatkan data - data yang kokret.

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

Bungin

berpendapat bahwa Observasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan untuk menghimpun data penelitian melalui pengamatan dan pengindraan.

Alwasih

Observasi menurutnya dalah sebuah penelitian dan pengamatan sistematis dan terencana yang diniati untuk perolehan data yang dikontrol validitas dan realibitasnya

Burhan

berpendapat mengenai Observasi adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan pengamatannya melalui hasil kerja dari salah satu pencaindra yakni mata dan dibantuk dengan pancaindra yang lainnya.

Margono

merupakan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian

Nasution

berpendapat Observasi adalah dasar semua ilmu pengetahuan, para ilmuan hanya dapat bekerja berdasarkan data yaitu fakta mengenai dunai kenyataan yang diperoleh melalui observasi.

Sutrisno Hadi

adalah suatu proses yang komplek , suatu proses yang tersusun dai berbagai biologis dan psikologis , dua diantara yang penting adalah proses pengamatan dan ingatan.

begitulah singkat cerita mengenai Pengertian Observasi Lengkap semoga bermanfaat dalam dunia pendidikan, karena Observasi sangat di butuhkan oleh semua perusahaan dan terima kasih sudah mampir diGuru Pengertian semoga sukses selalu.




0 komentar

Posting Komentar