Sabtu, 27 Oktober 2018

Pengertian Software, Hardware dan Brainware Pada perangkat Komputer Lengkap

Pengertian Software, Hardware dan Brainware Pada Perangkat Komputer Lengkap - pengertianajeng - apabila kita ingin mendalami Mengenai Komputer, akan lebih baik kita mengetahui Komponen komponen yang ada didalamnya, karena faktor terpeting adalah dasarnya, sebab apabila salah satu komponen bermasalah mengakibatkan komputer tidak dapat berjalan dengan baik, Karena Software, Hardware, Brainware merupakan komponen dasar sebuah prangkat komputer, baik langsung saja kita akan menjabarkan satu persatu dari ke tiga komponen tersebut.

Pengertian Software, Hardware dan Brainware Pada perangkat Komputer Lengkap


Pengertian Software, Hardware dan Brainware Pada perangkat Komputer


Pengertian Software, Hardware dan Brainware


Software ( Perangakat Lunak)

Software/ Perangkat Lunak merupakan Program komputer yang berisi data data dan informasi yang digunakan untuk melakukan perintah pada sistem yang ada dalam perangkat komputer, data yang terdapat pada software tidak berbentuk fisik melainkan secara digital, program yang terdapat dalam sebuah software merupakan kumpulan kode bahasa pemograman , Binary satuan data dan Informasi. ada 2 Software dalam Komputer yaitu OS dan Software Aplikasi.

Os ( Operating system)

merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan hardware dan brainware dengan seluruh sistem dalam komputer, Fungsi Os agar komponen yang ada dalam komputer dapat mengirim, menerima dan memproses data data menjadi sebuah kumpulan informasi tertentu, Jika Komputer tidak ada Os maka kompoter tidak akan jalan semestinya.

Contoh Operating System : Windows, Linux, OS X, Unix , Novell Os/2


Software Aplikasi

merupakan perangkat software yang digunakan untuk melaksanakan kebutuhan pengguna untuk memudahkan dalam memproses data - data dan informasi, terdapat banyak jenis software aplikasi yang digunakan dalam perangkat komputer seperti aplikasi pengelolah data, aplikas Spreadsheet, multimedia game dan DMBS.

Contohnya : Microsoft Office, Excel, Photoshop, Notepad, winamp, Accer Dbase


Hardware ( Perangkat Keras)

Merupakan Perangkat komputer yang wujudnya dapat dilihat, fisiknya dapat dipegang, artinya komponen yang membangun struktur pada sebuah komputer, baik struktur utama maupun struktur tambahan untuk mendukung kinerja perangkat komputer yaitu 


Input Device

merupakan unit Masukan artinya Hardware yang digunakan untuk memasukkan data atau informasi ke dalam sebuah komputer contohnya yaitu Mouse, Keyboard, tochpad, scanner, webcam, Kamera digital, Microphone, Joystick.


Processing Device

artinya Parangkat hardware yang digunakan untuk memproses data menjadi kumpulan informasi sehingga informasi tersebut dapat diterjemah menjadi sebuah perintah oleh komputer, komponen yang terdapat dalam processing unit merupakan komponen yang ada dala CPU, contohnya Processor Ram, Hardisk, Motherboard, VGA , Sound Card, Power supley , Optical Disk Drive.


Output Device

mengertiakn Perangkat Hardware yang digunakan untuk menampilkan data atau informasi hasil dari pengelolah, pengoperasikan komputer contoh , Monitor, Printer, proyektor, Speaker.


Storage Device

merupakan untuk menyimpan data atau informasi dalam bentuk file dan folder yang ada pada komputer, Seperti hardisk ( Eksternal/ INternal), USB Flashdisk, CD Room , memory Card, DVD Room, Disket.


Pheriperal Device

adalah Prangkat tambahan digunakan sebagai pelengkap untuk melengkapi fungsi Kompter, biasa disebut Komponen Portabel atau dapat di copot seperti , Loud Speaker, Printer, proyektor, Light Pen atau Web Cam.


Brainware ( Pengguna)

adalah Orang yang mengoprasikan perangkat Komputer, Brainware dalam perangkat komputer sangatlah penting, karena tanpa adanya Brainware/ Pengguna Komputer tidak dapat beroprasi sendiri, sehingga brainware dapat diartikan Sebagai perangkat Intelektual yang mampu mengekspoitasi kinerja dari hardware dan software.

Baik itulah penjelasan admin mengenai Pengertian Software, Hardware dan Brainware, semoga bermanfaat bagi kita semuanya, dan bertambah wawasan apalagi kita masih belum paham mengenai Komputer mari kita belajar bersama sama dengan Guru pengertian karena setiap hari akan memberikan updatetan terbaru.



0 komentar

Posting Komentar