Senin, 03 Desember 2018

Pengertian Yaumul Hisab Dan Dasar Hukum Hisab Lengkap

Pengertian Yaumul Hisab Dan Dasar Hukum Hisab Lengkap || Pengertianajeng || Sudah Kah tahu Apa Itu Yaumul Hisab...?pasti belum ya,,? oke kami akan mengupas tuntas mengenai Yaumul Hisab jadi ayo bagi yang belum paham mari kita simak bersama sama dan teliti tentang pengertian yaumul Hisab.

Yaumul Hisab




⇔ Pengertian Yaumul Hisab

Yaumul Hisab menurut Bahasa adalah Perhitungan sedangkan menurut Istilah adalah Peristiwa Allah menampakkan kepada manusia Amalan merekea ketika masih di DUnia dan menetapkan atau Allah mengingatkan dan memberitahukan kepada manusia tentang amalan kebaikan dan keburukan yang telah mereka lakukan.

Pengertian Yaumul Hisab menurut Aqidah  ada 2

Al'Aradh ( Penampakan dosa dan Pengkuan ) 2 yaitu

  • Pengertian Secara Umum adalah Seluruh Mahluk yang ditampakan di hadapan Allah dalam keadaan menampakan lebaran atau amalan mereka . ini mencangkup oarng dimunaqasyah hisabna dan yang tidak dihisab

  • Pemaparan Amalan Maksiat Kaum Mukmin kepada mereka, penetapannya merahasiakannya dan pengampunan Allah atasnya hisab yang demikian dinamakan hisab Yasir

Munaqasyah (diperiksa Secara Sunguh Sunguh) di sebut juga dengan hisab perhitungan antara kebaikan dan keburukan. sabda Rasulullah SAW
" Barang siapa yang dihisab , maka is tersiksa " Aisyah Bertanya " bukankah Allah telah berfirman " Maka iya akan di periksa dengan pemeriksaan yang mudah " Maka Rasulllah SAW menjawab " Hal itu adalah Al'Aradh, namun barang siapa yang dimunaqasyah Hisabnya, ia akan binasi.

⇔  Dasar Hukum Hisab

Dasar Hukum Hisab terdapat pada firman Allah SWT yaitu QS. Al-Ghasyiyah ayat 25 dan 26 " sungguh, kepada kamilah mereka kembali kemudian sesungguhnya ( kewajiban) kamilah membuat perhitungan atas mereka.

⇔  Hisab Untuk Orang Mukmin, Kafir dan Munafik 

Hisab Kafir dan Munafik adalah mereka yang dipanggil di hadapan seluruh makluk mereka orang orang yang berdusta. Firman Allah Q.s Hud : 18 " dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang membuat buat dusta terhadap Allah ? Maka itu akan dihadapkan kepada tuhan mereka dan para saksi akan berkata : ingatlah kutukan Allah atas orang orang yang zalim.

Hisab Mukmin adalah menyendiri dengan hamban-Nya yang mukmin dan memperlihatkan dosa dosa hamba-Nya, Hingga ketika ia merasa bahwa ia akan binasa. Allah Berkata " aku tutup bagimu dosamu didunia dan aku mengampuni dosa dosamu hari ini "

Hisab Orang Kafir Seperti Debu jadi pada hari Kiamat, seluruh amalan baik orang kafir akan dijadikan seperti debu debu yang bertebangan seperti Fatamorgana tidak ada nilainya di sisi Allah. firman Allah ( QS. Al-Furqan : 23 , QS.Ibrahin : 18.

Masuk Surga Tanpa  Hisab Kaum mukmin masuk surga tanpa dihisab sabdah Rasulullah SAW " Tujuh Puluh ribu orang akan masuk surga tanpa Hisab, mereka adalah orang orang yang tidak berobat dengan cara key ( pengobatan menggunakan sundutan Besi panas ), tidak meminta Diruqiyah hanya Bertawakal Kepada Allah.

⇔  Nama Nama Hari Akhir

  • Yaumul Fashl
    adalah hari pemisah maksudnya manusia dipisahkan antara orang orang mukmin dan orang orang kafir pada hari tersebut Manusia di kelompokan menurut keyakinan agamanya.

  • Yaumul Qiyamah
    adalah hari kebangkitan besar, hari kiamat ditandai dengan hari berakhirnya kehidupan dunia yang ditandai dengan hancurnya seluruh mahkluk ciptaan Allah.

  • Yaumul Thalaq
    Adalah hari pertemuan manusia dengan sesamannya

  • Yaumul Jam'i
    adalah hari berkumpulan manusia sejak zaman nabi ada sempai manusia akhir zaman ditanyakan seluruh amalan perbuatannya selama hidup didunia

  • Yaumul Ba'ats
    adalah hari kebangkitan atau ketika manusia dibangkitkan dari kuburnya, Mahyar adalah pada yang luar tempat berkumpulnya manusia setelah yaumul ba'ats

  • Yaumul Hisab
    adalah hari perhitungan dimana manusia akan diperhitungkan amal dan perbuatannya

  • Yaumul Mizan
    adalah hari pertimbangan di adalah hari pertimbangan amal perbuatan yang telah dilakukan manusia selama hidup didunia, tidak ada satu pun terlewatkan dengan perhitungan ini

  • Yaumul Jaza
    adalah hari pembalasan amal perbuatan manusia , belasan yang diberikan tergantung dari perbuatan manusia semasa hidupnya

  • As- sa'ah
    adalah hari penentu terjadinya hari kiamat telah ditentukan secara tepat tidak dapat ditunda dimajukan atau di mundurkan.

  • Yaumul Diin
    adalah pembalasan agama, pada hari tersebut alam perbuatan yang berkaitan dengn pengamalan agamanya akah dihitung dengan cermat
    contoh : sholat, zakat, puasa , haji dll

Baiklah itulah sedikit pembahasan SIngkat mengenai Pengertian Yaumul Hisab semoga bermanfaat bagi kita semuanya, dan bertambah luas wawasannya, ilmunya, dan sampai ketemu pada artikel selanjutnya hanya di Pengertianajeng.

0 komentar

Posting Komentar