Sabtu, 10 November 2018

Pengertian Jaringan LAN, MAN, WAN, Intranet , Internet, dan Wireless Lengkap

Pengertian Jaringan Jaringan LAN, MAN, WAN, Intranet , Internet dan Wireless Lengkap - pengertianajeng, pertemuan ini ingin membahas tentang jarangan komputer yang meliputi 5 jenis yaitu LAN ( Local Area Network) , MAN( Metropolitan Area Network) , WAN ( Wide Area Network) ,Intranet, Internet dan Wireless yang akan kami kupas secara detail dan singkat langsung saja yuk di bahas pengertiannya.

Pengertian Jaringan LAN, MAN, WAN, Intranet , Internet dan Wireless


Pengertian Jaringan LAN, MAN, WAN, Intranet , dan Wireless


Pengertian LAN ( Local Area Network)


Jaringan yang radius wilayahnya hanya mencakup wilayah lokal saja, Lan hanya menggunakan perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer diantaranya menggunakan kabel UTP ( Unshielded Twisted - Pair) Hub , Switch, Router dan Dll.

Contoh LAN

Kumputer yang saling terhubung disebuah tempat seperti, Sekolah , Kontor , Perusahaan, Warnet , Kampus, Gedung maupun Antara rumah tentang yang masih mencakup Wilayah LAN.

Pengertian MAN ( Metropolitan Area Network)

Adalah Jaringan yang lebih luas dan lebih canggih dari Jenis Jaringan Komputer LAN

Jenis Ini dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari satu kota ke kota lainnya, untuk dapat membuat suatu jaringan MAN biasanya diperlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antara jaringan komputer.

Contoh MAN

Jaringan Depdiknas antara kota atau wilayah, jaringan mall - mal moderen yang saling berhubungan antara kota dan jaringan-jaringan lainnya yang menghubungkan jaringan komputer antara satu kota dengan kota lain

Pengertian WAN ( Wide Area Network)

Jaringan komputer yang cakupannya wilayahnya lebih luas dan lebih canggih daripada jenis jaringan Komputer LAN, MAN. Teknologi jaringan WAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya.

Pengertian Intranet

Merupakan sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti Internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor bahkan warung Internet atau Warnet pu dapat dikategorykan intranet.

Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lain melalui sambungan internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh akan tetapi sebetulnya sebuah intranet tidak perlu sambungan luar.

INternet untuk berfungsi secara benar, Intranet menggunakan semua protocol TPC/IP Protokol TCP/IP alamat IP, dan Protokol lainnya klien dan juga server.

Protokol HTTP dan beberapa komponen protokol yang saling digunakan sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah" Versi pribadi dari jaringan internet" atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia , yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga dinamis dan interaktif.

Pengertian Internet

merupakan singkata dari Interconnection - Networking artinya seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan suatu standar sistem global Transmission control protocol/Internet Protocol suite (TCP/IP) yang digunakan sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna yang terdapat diseluruh dunia.

Rangkaian internet yang terbesar tersebut dinamakan dengan internet cara menghubungkan rangkaian dengan menggunakan kaidah ini dinamakan dengan Internetworking( Antar Jaringan)

Pengertian Wireless ( Jaringan Tanpa Kabel)

Artinya Jenis Jaringan Komputer yang menggunakan media transmisi dapat tanpa menggunakan kabel media yang digunakan seperti gelombang radio, Inframerah, Bloetooth dan Microwave Wireless dapat difungsikan kedalam jaringan LAN, MAN dan WAN.

Demikian Penjabaran Singkat dan Padat mengenai Pengertian Jaringan LAN, MAN, WAN, Intranet, Internet dan Wireless semoga bermanfaat bagi kita semuanya dan tetap di Pengertianajeng apabila ingin mendapatkan informasi terbaru dan populer.



0 komentar

Posting Komentar