Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Beserta Jenis dan Fungsinya - pengertianajeng, Kata manajemen sering kita kaitkan dalam dunia usaha seperti Dunia bisnis dan ekonomi namun perlu kita ketehui kata Manajemen bukan hanya termasuk ke dalam cabang Ilmu ekonomi, penasaran detail mengenai Manajemen mari kita simak secara bersama sama dengan detail.
Manajemen
Pengertian Manajemen
Manajemen adalah proses yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan suatu organisasi dengan cara berkerja dalam tim.
Manajemen juga dapat di artikan sebuah seni dalam ilmu dan proses pengorganisasian seperi perencanaan , pengorganisasian, pergerakan dan pengendalian atau pengawasan.
Manajemen berasal dari kata " Maneggiare " dalam bahasa Italia memiliki arti mengendalikan, sedangkan menurut Bahasa perancis dan ingris yaitu " Management "yaitu Mengedalikan dan mengatur.
Manajemen diartikan secara umum yaitu Sebuah ilmu atau seni yang digunakan untuk mengorganisir, merencanakan, mengarahkan dan mengawasi usaha usaha yang dilakukan oleh anggota organisasi untuk mencapai sebuah tujuan organisasi dengan cara bersama sama dan sumber daya yang dimiliki organisasi.
Fungsi Manajemen
- Fungsi Perencanaan (planning )
yaitu Proses awal yang digunakan untuk menetapkan tujuan dan visi organisasi dalam perusahaan sebagai langkah awal berdiriinya sebuah organisasi dalam fungsi ini identik dengan penyusunan strategy , standar, serta arah tujuan dalam mencapai tujuan perusahaan. - Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
iyalah Hubungan mengatur sumber daya baik manusia maupun fisik supaya tersusun secara sistematis berdasarkan fungsinya masing masing dengan kata lain. - Fungsi Pengarahan ( Directing)
merupakan lebih menekankan pada upaya meningkatkan efektivitas dan efisien kinerja dengan optimal, mulai bimbingan kerja, pemberian motivasi. - Fungsi Pengedalian
Lebih menekankan ke sebuah evaluasi dan penilaian atas kenerja yang selama ini dilakukan dan berjalan
Tingkat Manajemen
- Top Management
Jenjang tertinggi sering disebut dengan manajer senior, eksekutif kunci, memiliki tanggung jawab atas kebijakan-kebijakan dan strategi. - Middle management
memiliki tugas yakni mengawasi beberapa unit kerja dan menerapkan rencana yang sesuai dengan tujuan dan tingkatan yang lebih tinggi dan melaporkan kepada top Management - Lower Management
Tingkatan paling rendah atau bawah dalam sebuah organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga tenaga Operasional lebih dikenal dengan Mandor, supervisior.
Prinsip manajemen
- Wewenang dan Tanggung Jawab ( Authority Responsibility)
- Disiplin ( Dicipline)
- Kesatuan Pemerintah( Unity Of Command)
- Kesatuan Arah ( Art Of Direction)
- Ketertiban (Order)
- Keadilan da Kejujuran ( Equity)
- Stabilitas Kondisi Karyawan
- Inisiatif
- Semangat kesatuan, semangat korps
- Pembagian Kerja
Unsur Manajemen
- Manusia - Man
- Uang - Money
- Bahan - Material
- Mesin - Machines
- Metode - Methods
- Pasar - Markets
Bidang Manajeme
- Manajemen Bidang produksi
- Manajemen Bidang Pemasaran
- Manajemen Bidang Keungan
- Manajemen Bidang personalia
- Manajemen Bidang Perkantoran
Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
- Wilson Bangun
Manajemen artinya rangkaian aktivitas aktivitas yang dikerjakan oleh anggota anggota arganisasi untuk mencapai tujuannya - Mary Parker Follet
Sebuah seni atau management is on art - Lewrence A. Appley
Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain - Koontz
Manajemen merupakan seni yang paling produktif selalu didasarkan pada pemahaman terhadap ilmu yang mendasarinya.
jadi itulah Penjelasan Mengenai Pengertian Manajemen dari Definisi para ahli, secara umum bahkan fungsi dan jenisnya sudah kami share dan jelaskan semoga bermanfaat dan bertambah wawasanya lagi dan tetap di pengertianajeng apabila ingin mencari Informasi Infomasi yang berguna bagi kehidupan kita, sekian atas partisipasinya sukses selalu.
0 komentar
Posting Komentar