Senin, 03 Desember 2018

Pengertian Ulul Azmi dan 5 Rasul Mempunyai Gelar Ulul Azmi Lengkap

Pengertian Ulul Azmi dan 5 Rasul mempunyai Gelar Ulul Azmi Lengkap || pengertianajeng || pada artikel sebelumnya kami telah membahas detail mengenai Yaumul Hisab dengan detail yaitu hari perhitungan pada Intinya, pada sesi ini kami ingin berbagi ilmu buat temen temen sekalian, pasti banyak yang lupa dengan namanya Ulul Azmi, Bener enggak,,,? apa lagi yang masih duduk di bangku SMP dan SMA, nah Untuk itu mari kita belajar bersama sama dengan Guru Pengertian, kami yakin dengan kita sering membaca dan mencari Informasi .Insyallah ilmu kita akan bertambah dan menjadi manusia mukmin yang berahlak mulia amin, Oke kita langsung menuju topik Ulul Azmi.

Pada Postingan Dulu memang kami sudah membahas Pengertian Nabi dan Rasul secara detail, tentunya pada artikel ini sangat bersangkut paut, pada Intinya saling terhubung Antara Ulul azmi dan Nabi dan Rosul jadi kami disini tidak akan membahas detail mengenai Nabi dan Rasul karena kalian dapat membacanya pada artikel sebelumnya. Langsung saja Apa defenisi Ulul Azmi.

Ulul Azmi


Pengertian Ulul Azmi dan 5 Rasul Mempunyai Gelar Ulul Azmi


⇔ Pengertian Ulul Azmi


Ulul Azmi adalah Gelar khusus yang di berikan kepada Nabi dan Rasul yang memiliki ketabahan dan kesabaran Luar biasa dalam menyebarkan Agama islam atau Tauhid,

Ulul Azmi sendiri berasal dari Bahasa Arab, Gelar ulul Azmi merupakan gelar yang sangat istimewa kedudukannya di mata Allah , dan Bukti Allah yang telah menetapkan 5 Rasul Ulul Azmi yaitu terkandung dalam Qs. Al-Ahzab : 7 berbunyi " Dan Ingatlah Katike kami mengambil perjanjian dari nabi nabi dan dari Kamu ( Muhammad) dari Nuh, Ibrahim, Musa dan isya dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjuan yang teguh"


⇔ Ciri Ciri Rasul Yang Mendapatkan Ulul Azmi


  • memperolah Pengiktirafan Allah SWT

  • Memiliki kesabaran Tinggi

  • Senantiasa memohon kepada Allah agar kaumnya diberikan Hidayah

  • Memiliki Keazaman yang tinggi semasa berdakwah

⇔ 5 Rasul Ulul Azmi dan Mukjizatnya

Nabi Nuh
merupakan Nabi yang pertama menerima Gelar Ulul Azmi karena kesebarannya dalam menyebarkan agama Islam dalam berdakwah banyak dari umatnya yang tidak percaya dan Juga menolak keras ajaran yang di bawah Nabi Nuh

Singkat Cerita Allah kemudian memurkakan kepada umat Nabi Nuh dengan sebuah musibah banjir besar yang akan terjadi, sehingga Nabi Nuh di perintahakan Oleh Allah untuk membuat kapal yang besar.

Kemudian Nabi Nuh menyampaikan Peringatan tersebut kepada Umatnya, akan tetapi banyak umat Nabi Nuh yang tidak percaya, malah mencemooh dan Menentang Keras Nabi Nuh. karena pada waktu itu merupakan musik kemarau yang sangat penjang, namun peringatan tersebut benar adanya, Terjadilah Banjir Besar yang kemudian menenggelamkan seluruh umat Nabi Nuh yang tidak patuh akan peringatan Allah.

Nabi Ibrahim
Di kenal sebagai bapak para Nabi yang di hormati oleh 3 peluk agama yaitu islam, kristen dan yahudi, yang telah membangun Ka'bah di kota mekkah, keyakinan yang kuat terhadap islam di mulai dari pencariannya terhadap Tuhan. tentunya sobat sudah banyak tahu tentang Nabi Ibrahim selain Nabi yang membangun Ka'bah, beliau juga telah menjadi sejarah adanya penyembelihan qurban Nabi Ibrahim memiliki mujizat yakni di selamatkan kobaran api oleh Raja Namruj.

Nabi Musa
Kenal Fir'aun pasti Kenal seorang raja yang sangat jahat dan Biadap, tentunya ketika menyebarkan Agama islam Nabi Musa berikan tantang untuk mendakwahi Firaun.

Nabi Musa memiliki Mujizar dapat membelah lautan dengan tongkatnya dan Juga dapat membuat tongkatnya berubah menjadi ular, disitulah membuat raja firaun menjadi taat,berkat kegigihanya pada akhirnya gelar Ulul Azmi di dapat oleh Nabi Musa

Nabi Isa
Mujizat Nabi Isa adalah dapat membuat burung dari tanah liat, menghidupka orang mati ,mendatangkan makanan, selamat dari penyaliban, menyembukan kebutaan, dapat berbicara ketika masih bayi, pada intinya nabi Isa merupakan Nabi yang lahir tanpa bapak sebagaiman manusia pada Umumnya, sehingga banyak yang menghina dan memfitnah oleh orang kafir, beliau di lahirkan oleh Maryam Bin Imron seorang wanita salehan dan pada akhirnya Isa di asuh Oleh pamanya yaitu Nabi Zakaria.

Nabi Muhammad SAW
Merupakan nabi terakhir yang diangkat oleh Allah SWT sehingga di sebut khatamul Anbiya' yaitu penutup Rasul,Ibunya wafat saat beliau berusia 6 tahun, masyarakat Kafir Qurais sangat membenci Rasul kerena Agama yang beliau berikan tidak sesuai agama nenek moyang mereka seperti memuja berhala sedangkan Rasul menyembah Allah. Nabi Muhammad juga meletakan hajar aswad maka beliau diberi gelar Al-amin dapat di percaya dan masih banyak lagi mujizat yang Nabi Muhammad SAW yang di berikan oleh Allah SWT salah satunya adalah Kita AL-Quran yang merupakan pedoman atau petunjuk umat beragama Islam.

⇔ Nama Nabi Beserta Kitap Suci

  • Nabi Daud As - Kitab Zabur

  • Nabi Musa As - Kitab Taurat

  • Nabi Isa AS - Kitab Injil

  • Nabi Muhammmad Saw - Kita Alquran

⇔ Nama Nabi dan Rosul

  1. Adam AS.

  2. Idris AS.

  3. Nuh AS.

  4. Hud AS.

  5. Soleh AS.

  6. Ibrahim AS.

  7. Luth AS.

  8. Ismail AS.

  9. Ishak AS.

  10. Yakub AS.

  11. Yusuf AS.

  12. Ayub AS.

  13. Sueb AS.

  14. Musa AS.

  15. Harun AS.

  16. Zulkifli AS.

  17. Daud AS.

  18. Sulaiman AS.

  19. Ilyas AS.

  20. Ilyasa AS.

  21. Yunus AS.

  22. Zakaria AS.

  23. Yahya AS.

  24. Isa AS.

  25. Muhammad SAW

Baiklah demikian penjelasan kami yang singkat ini, semoga membahasan Kami Mengenai Pengertian Ulul Azmi dapat bermanfaat bagi kita semua, dan bertambah ilmu dan ahlaknya, tetap di Pengertianajeng apabila ingin belajar lebih dalam lagi mengenai Agama, oke sampai ketemu di artikel selanjutnya sekian terima kasih.

0 komentar

Posting Komentar