Rabu, 25 Juli 2018

Pengertian Metode Ilmiah Lengkap Beserta Tujuan , Kriteria dan Langkah- Langkahnya

Pengertian Metode Ilmiah Lengkap Beserta Tujuan , Kriteria dan Langkah - Langkahnya - Metode Ilmiah biasa di Jumpai Ketika belajar di Perguruan tinggi karena nantinya sobat akan diberikan tugas karya ilmiah yaitu TUgas akhir apabila belum memahami mengenai ini baik kami akan share buat kalian, tentunya suatu saat akan berguna dan dibutuhkan.


Pengertian Metode Ilmiah

Motode Ilmiah merupakan suatu proses atau prosedur keilmuah untuk mendapatkan pengetahuan secara sistematis yang berdasarkan Bukti Fisis,

Penelitian Metode Ilmiah umumnya menfokuskan untuk melakukan identifikasi terhadap masalah yang harus dipecahkan, pengumpulan data, lalu menganalisis data dan menarik kesimpulan yang tepat, penelitian ini sifatnya sangat objektif, karena tidak berdasarkan pada perasaan, pengalaman maupun intuisi seorang peneliti yang sifatnya subjektif.

Menurut Wikipedia adalah Metode ilmiah atau Proses Islmiah ( Bahas Inggris Scientific Method) adalah proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisik.

Pengertian Metode Ilmiah Lengkap


Pengertian Metode Ilmiah Lengkap beserta tujuan

Tujuan Metode Ilmiah


  • Untuk perbuktian terhadap suatu kebenaran yang dapat diatur oleh pertimbangan yang logis

  • mendapatkan ilmu pengetahuan yang rasional dan sudah teruju

  • Membantu memecahkan masalah dengan pembuktian yang dimana buktinya dapat memuaskan

  • Dapat menguju penelitan yang telah dilakukan orang lain sehingga didapatkan kebenaranya yang objektif juga memuaskan

  • Untuk mencari pengetahuan yang dimulai dari penemuan masalah yang harus dipecahkan atau dicari solusinya, pengumpulan data, menganalisis data dan diahkhiri dengan menarik suatu kesimpulan.

Lengkah- Langkah Metode Ilmiah

Melakukan Observasi

Dalam proses ini seorang peneliti akan melakukan identifikasi terhadap sifat - sifat utama yang dimiliki oleh subjek yang akan diteliti, proses ini dapat melibatkan proses penentukan definisi maupun observasi, sehingga observasi membutuhkan perhitungan atau pengukuran yang teliti.


Melakukan Identifikasi Masalah

adalah keharusan dalam metode Ilmiah permasalahan dinyatakan dalam bentuk pertanyaan, dengan menggunakan kalimat tanya dengan pertanyaan tersebut makan diharapkan dalam mempermudah orang untuk melakukan metode ilmiah untuk mengumpulkan data atau informasi yang diperlukan, melakukan analisis terhadap data tersebut dan menyimpulkan.

Menyatakan Hipotesis

aritnya suatu ide atau dugaan sementara penyelesaian permasalah yang terdapat dalam penelitian ilmiah, Hipotesis sangat berguna untuk memungkinkan prediksi yang berdasarkan deduksi, Prediksi ini dapat meramalkan hasil dari eksperimen yang dilakukan dan hipotesis tersebut belum tentu diketahui akan kebenarannya.

Eksperimen

artinya Untuk menguji Hipotesis yang telah diajukan , perhitungan semua variable yang ada yaitu semua yang mempengaruhi eksperimen yang dilakukan hasi dari eksperimen akan meningkatkan probabilitas kebenaran hipotesis.

Hasil Eksperimen

Seseorang yang melakukan metode ilmiah mengkin saja akan mengulai langkah - langkah yang lebih awal karena pertimbangan - pertimbangan tertentu, ketidakberhasilan untuk membentuk kesimpulan yang menarik atau tepat dapat membuat seseorang peneliti mempertimbangkan ulang subjek yang dipelajari.

Kriteria Pada Metode Ilmiah


Berdasarkan Kenyataan atau Fakta


Data dan Informasi yang didapatkan, baik itu yang dikumpulkan maupun yang dianalisa harus berdasarkan fakta jangan penemuan yang berdasarkan khayalan legenda , kira kira dan lain lain, jadi intinya harus berdasarkan kenyataan atau fakta yang benar benar ada.

Bebas dari Prasangka

aritnya pertimbangan yang sifatnya subjektif fakta harus dengan alasan dan berdasarkan butkti yang jelas serta objektif, jadi suatu penelitian harus menunjukan adanya kesesuaian dengan hipotesis.

Menggunakan Hipotesis

artinya seseorang yang melakukan penelitian harus dituntun dalam proses berfikir menggunakan prinsip analisa , hipotensi diperlukan untuk memandu pikiran ke arah tujuannya, sehingga hasilnya yang nanti didapatkan akan mengarah kepada sasarannya.

Ukuran Yang Objektif

Orang yang melakukan penelitian harus bersifat objektif dalam mencari kebenaran, data dan fakta yang ada harus dianalisis secara objektif , pertimbangan maupun penarikan kesimpulan dari penelitian arus menggunakan pikiran yang benar benar jernih jadi bukan berdasarkan perasaan seorang penelitian.

Mengunakan Teknik Kuantifikasi

Data Ukuran yang sifatnya Kuantitatif ( Jumlah Satuan Angkat) yang biasa haruslah digunakan jika terdapat data ukuran misalnya seperti MM, Kg, Ohm, Per Detik dan Lain lain harus digunakan, teknik kuantifikasi yang sering digunakan dan tergolong mudah umumnya menggunakan ukuran rating, rankin dan nominal.

Demikian Itulah Pengertian Metode Ilmiah Lengkap semoga setelah kami share pengertianya jadi lebih paham dan bertambah wawasan  dan terima kasih atas kunjungannya sampai ketemu di Artikel selanjutnya hanya di pengertianajeng

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli Lengkap

0 komentar

Posting Komentar